Citilink Beri Penjelasan Terkait Kasus Pembobolan Situs Tiket Online

PT Citilink akhirnya memberi penjelasan terkait pemberitaan yang beredar baru-baru ini bahwa situs tiket online telah dibobol. Bahkan, Direktorat Cyber Bareskrim Polri telah berhasil menangkap sindikat kasus pembobol situs jual beli tiket online di PT Global Networking atau tiket.com. PT Citilink mengungkap bahwa bukan situs resmi tiket Citilink mereka yang dibobol, namun situs partner. Pihak Citilink memberikan respon bahwa bukan situs resmi mereka yang telah kebobolan, melainkan agen travel online yang dipakai untuk membeli tiket pesawat promo citilink itulah yang dibobol. Hal ini dijelaskan langsung oleh Corporate Communication Citilink yaitu Ageng W. Leksono.

Lebih lanjut Ageng menjelaskan bahwa tidak terjadi pembobolan pada situs tiket pesawat Citilink. Ia juga menegaskan bahwa semua transaksi yang telah dilakukan di situs Citilink dijamin aman. Aktivitas pembobolan yang sempat terjadi tidak dilakukan pada situs Citilink ataupun server Citilink. Sehingga, transaksi di situs resmi milik Citilink masih tetap aman. Dalam investigasi yang dilakukan Direktorat Cyber Bareskrim Polri sendiri, pihak Citilink sudah bekerja sama dengan kooperatif untuk menjadi saksi serta memberikan keterangannya. Kasus ini dinyatakan tidak terjadi pada situs Citilink dan pihak Citilink telah menyerahkan kasus sepenuhnya pada pihak kepolisian. Seluruh aktivitas akses ilegal dalam pembelian tiket penerbangan tidak berkaitan dnegan aktivitas transaksi yang ada di situs resmi Citilink Indonesia.

Kasus ini bermula pada akhir 2016 lalu saat Bareskrim Polri menerima laporan dari PT Global Network yang terkait dengan kasus hacking berupa illegal access. Kasus ini berupa penggunaan aplikasi jual beli tiket pesawat online milik pihak tiket.com pada sistem aplikasi jual beli tiket promo Citilink. Pelaku diperkirakan melakukan akses ilegal pada server di PT Citilink dari akun PT Global Network. Kerugian yang dialami mencapai 4 miliar rupiah. Untungnya pihak PT Global Network segera mengetahui hal ini dan tiket citilink yang belum sempat terbang dibatalkan melalui refund, sehingga total kerugian tersisa 1.9 miliar. Polisi diketahui telah menangkap empat tersangka atas kasus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *